Wakil Kepala Sekolah

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum

Yogi M. Dimyati, S.Kom

Bissmillaahir rohmaanir rohiim.

Alhamdulillahirobbil`alamin, atas berkat Rahmat Allah SWT serta segenap dukungan dan kemampuan kami dapat meluncurkan situs web sekolah SMK Karya Bahana Mandiri ini. Situs web ini bertujuan untuk memperkenalkan satuan pendidikan dengan memanfaatkan media teknologi internet.

Melalui situs web SMK Karya Bahana Mandiri ini, kami berharap seluruh stakeholder sekolah dapat mengenal sekolah secara lebih luas. Dan selain itu, semoga situs web ini dapat memberi kemudahan bagi para siswa dan orang tua/wali murid untuk mengakses informasi mengenai berbagai kegiatan pembelajaran di sekolah dengan cepat, efisien, dan online selama 24 jam.

Akhir kata, semoga situs web SMK Karya Bahana Mandiri ini dapat memberikan manfaat positif bagi siapa saja yang mengunjungi, terima kasih.



Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan

Muslim, S.Pd

السلام عليكم ورحمةالله وبركاته

Puji syukur ke hadirat Allah yang telah menciptakan alam semesta dengan berpasangan, ada siang ada malam, ada lelaki ada perempuan, ada pertemuan ada juga perpisahan, namun perpisahan ini jangan menjadi penghalang untuk kita terus berjuang dalam menyongsong masa depan yang masih panjang.
Keberadaan kalian di SMK Karya Bahana Mandiri selama ini, pasti diawali dengan niat yang ikhlas yaitu tholabul ilmi, barangkali kalian bahkan orang tua kalian merasa bangga, karena kalian telah berhasil menyelesaikan studi di SMK Karya Bahana Mandiri dengan baik, namun kalian jangan sampai merasa puas dengan apa yang telah kalian peroleh, karena apa yang telah bapak atau ibu guru berikan dan apa yang telah kalian dapat masih sangat sedikit untuk menghadapi problem dan tantangan di masa akan datang, apalagi mengahadapi liang dengan ujung dua nisan.
Oleh sebab itu kalian harus pandai memanfaatkan waktu, sambutlah waktu agar kalian bisa berjalan beriringan bersamanya, dan jangan kalian menunggu waktu, karena sang waktu akan meninggalkan kalian.
Perpisahan yang kita hadapi saat ini merupakan awal langkah kalian untuk hidup bersama masyarakat dan suasana pendidikan yang baru, oleh karena itu agar langkah kalian tidak tersandung batu hingga tubuh kalian jatuh kotor terkena debu, maka melangkahlah di trotoar agama dengan mebawa tongkat budi pekerti yang mulia. Sejarah sudah menunjukkan bahwa bangsa-bangsa yang tidak mampu membendung dekadensi moral (kemerosotan akhlak, kemerosotan budi) bangsa itu mengalami kemusnahan. Seorang pujangga mengatakan :

انماالامم الاخلاق مابقيت # وان هموا ذهبت اخلاقهم ذهبوا

Bangsa-bangsa itu bisa bertahan selama mereka masih memiliki akhlak, dan mereka akan musnah berantakan bilamana akhlaknya sudah rusak.
Akhir dari sebuah perjumpaan sudah selayaknya kita membuka hati untuk saling memaafkan, agar terasa ringan langkah kaki menuju cita.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Hubungan Industri

Sumini, S.E.



BIDANG Hubungan Industri dan Masyarakat atau Hubungan kerja sama industri atau hubungan industry (HUBIN) adalah suatu fungsi yang dibentuk dilingkungan SMK KARYA BAHANA MANDIRI dengan tujuan menjembatani SMK KARYA BAHANA MANDIRI dengan Industri dan masyarakat luas dalam memberikan layanan jasa Praktek kerja industri (PRAKERIN) dan informasi sesuai fungsi dan tugas SMK KBM BEKASI

SMK KARYA BAHANA MANDIRI sebagai institusi pendidikan professional tingkat medium yang bertujuan menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan profesional dalam menerapkan, mengembangkan dan menyebarluaskan teknologi, menggunakan pendekatan konsep Production Based Education (PBE) dalam proses pengajarannya. Dimaksudkan disini adalah sedekat mungkin diusahakan agar siswa sejak awal sudah terlibat dengan kegiatan dan suasana produksi industri secara nyata. Untuk itu SMK Negeri 8 Bandung berusaha menghadirkan kegiatan proses pekerjaan Industri kedalam Sekolah(simulasi) dan atau membawa siswa kedalam industri diluar sekolah(kunjungan industri ,magang dan Praktek kerja Industri). Dalam upaya menghadirkan kegiatan tersebut ke dalam Sekolah, maka HUBIN SMK KARYA BAHANA MANDIRI berusaha membuat kerja sama(MOU) dengan Industri/perusahaan untuk mendapatkan permintaaan Calon Tenaga Kerja yang professional . Sedangkan untuk memberikan suasana industri secara nyata diluar sekolah, maka HUBIN SMK KARYA BAHANA MANDIRI berusaha menempatkan siswa PRAKERIN pada semester 3-4 diluar sekolah dengan durasi pelaksanaan minimal 3 bulan dan maksimal 1 Tahun untuk mencapai Standar 600 jam .

ANALISIS JABATAN WAKASEK. BID. HUBIN DAN MASYARAKAT

WAKIL KEPALA SEKOLAH BIDANG HUBUNGAN INDUSTRI

Wakil Kepala Sekolah Bidang Hubungan Industri diangkat berdasarkan Surat Keputusan (SK) Kepala SMK KARYA BAHANA MANDIRI

Bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah

Berhubungan dengan :
Seluruh posisi Waka dan UMM
Ketua Program Keahlian
Seluruh Tenaga Pendidik
Tata Usaha
Pelanggan (Siswa, Orangtua Siswa, DU/DI)

Tugas :
1. Menyusun Program Kerja sesuai Kebijakan Mutu dan Sasaran Mutu.
2. Mengikuti Rapat Tinjauan Manajemen.
3. Melaksanakan tindak lanjut hasil Rapat Tinjauan Manajemen.
4. Melaksanakan Program Kerja
5. Memonitor dan Mengevaluasi Pelaksanaan Hubungan Kerjasama Industri (Prakerin, Penelusuran dan Pemasaran Tamatan).
6. Menindaklanjuti Hasil Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Hubungan Kerjasama Industri (Prakerin, Penelusuran dan Pemasaran Tamatan).
7. Mengkordinir pelaksanaan uji kompetensi.
8. Melaporkan dan mengkoordinasikan hasil Pelaksanaan Hubungan Kerjasama Industri dalam Rapat Dinas Tim Manajemen.
9. Mewakili dan atau melaksanakan tugas Kepala Sekolah sesuai bidang Hubungan Kerjasama Industri.
10. Mengkoordinir penelusuran tamatan.
11. Mengkoordinir persiapan dan pelaksanaan Praktek Kerja Industri (Prakerin).
12. Menyusun dan mengatur kegiatan yang bersifat kehumasan.


Wewenang :
1. Mewajibkan setiap ketua program keahlian untuk memiliki dokumen kerja sesuai tugas pokok dan fungsinya.
2. Mengkoordinir proses analisis kebutuhan pelanggan dan mendeskripsikannya dalam program kerja yang harus dilaksanakan oleh tim kerja/dan atau Program Studi Keahlian terkait.
3. Membuat Dokumen Kebijakan Mutu dan Sasaran Mutu Hubungan Kerjasama Industri bersama-sama dengan Waka dan Ketua Program Keahlian.
4. Menyusun uraian tugas dan wewenang tim Hubungan Kerjasama Industri agar mampu melaksanakan tugas sebaik-baiknya
5. Memanfaatkan berbagai sumberdaya, jaringan lintas sektoral untuk memenuhi kebutuhan fasilitas dalam pengembangan kerjasama industri.
6. Penyelenggaraan penelusuran dan pemasaran tamatan sesuai dengan tuntutan pasar kerja, standar kerja dan standar kompetensi.
7. Merekomendasikan DU/DI yang akan dipilih sebagai institusi pasangan.