Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO)


Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO)


Teknik Kendaraan Ringan merupakan kompetensi keahlian bidang teknik otomotif yang menekankan keahlian pada bidang penguasaan jasa perbaikan kendaraan ringan. Kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan menyiapkan peserta didik untuk bekerja pada bidang pekerjaan jasa perawatan dan perbaikan di dunia usaha/industri otomotif

Teknik Kendaraan Ringan merupakan salah satu jurusan paling favorit yang ada di SMK Karya Bahana Mandiri 1 dengan jumlah 6 kelas yang kebanyakan diisi oleh siswa laki-laki . Pada jurusan ini peminatan yang diajarkan yaitu Gambar teknik , Simulasi digital , Teknologi dasar otomotif , Pekerjaan dasar teknik otomotif , Teknik listrik dasar otomotif , Pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan , Pemeliharan mesin kendaraan ringan . Teknik ini memberi peluang siswa untuk bekerja sebagai Teknisi mekanik otomotif dalam bidang perawatan dan perbaikan kendaraan bermotor bensin dan bermotor diesel , Perawatan dan perbaikan chasis dan system pemindahan.

Porspek Kerja Teknik Kendaraan Ringan (TKR)


1. Industri



Sudah menjadi hal umum, mereka para lulusan SMK akan mengincar industri-industri multinasional yang bermarkas disekitar kawasan industri kerawang dan cikarang.

Itu bukan tanpa sebab, perusahan-perusahaan ini merupakan perusahaan skala besar yang sudah mencakup level internasional sehingga apabila kita menjadi bagian dari perusahaan ini otomatis kehidupan kita akan terjamin.

Salah satu motivasi terbesar masuk ke dunia industri ini adalah gaji yang bisa dibilang cukup besar untuk kelas lukusan SLTA. Gaji yang diperloeh pada industri dikawasan kerawang paling minim itu di angka UMP setempat.

Memang gaji tiap perusahaan juga berbeda, tapi setidaknya ada dikisaran 3 hingga 4 juta untuk gaji pokoknya. Belum termasuk bonus serta uang lembur bagi yang bersedia, total yang didapatkan bisa lebih dari 5 juta perbulannya meski kita baru bekerja 1 bulan di perusahaan itu.

Kabar baiknya, teknik otomotif baik TKR, TSM, ataupun TKB bisa bergabung pada industri multinasional ini. Justru kebanyakan industri-industri ini memilih fresh graduate dari SMK teknik.

Hanya saja, ada 2 kelemahannya

Pertama, industri ini menggunakan sistem outshorching. Yang artinya kita tidak bisa memperoleh kontrak lebih dari satu tahun. Apabila kontrak kerja pertama sudah selesai, maka perusahaan tidak akan menawarkan kontrak baru ke pekerja lamanya dan memilih orang lain yang baru lulus khususnya. Sesuai namanya, sistem outshorching dibuat untuk pemerataan lapangan kerja.

Kelemahan kedua, yakni persaingannya. Mungkin anda pernah melihat banyaknya peserta yang mengikuti recruitment ini apapun perusahaannya, padahal kuota penerimaan juga dibatasi.

Imbasnya, persyaratan akan lebih rumit serta proses seleksi juga akan lebih ketat. Sehingga hanya mereka yang benar-benar kompeten yang bisa memenangkannya.

2. Teknisi


Teknisi atau mekanik merupakan pekerjaan utama yang paling sesuai dengan program studi teknik otomotif. Seperti yang dipelajari di sekolah, maka pada profesi ini kita bisa menemui sekaligus menerapkan apa yang sudah kita pelajari sebelumnya.

Keuntungan menjadi seorang mekanik lebih ke arah kualitas diri, Semakin banyak mereka menyelesaikan throuble shooting pada kendaraan semakin banyak dan dalam pula ilmu yang dimilikinya. Dan semakin sering ia berinteraksi dengan pemilik kendaraan yang bermasalah dapat memberinya pelajaran tentang costumer service yang tidak dipelajari sebelumnya.
Sementara kelemahannya, banyak yang mengeluhkan gaji yang diterima.

Profesi mekanik berbeda dengan pekerja industri yang langsung mendapatkan gaji jutaan di bulan pertamanya. Mekanik biasanga harus melewati masa percobaan sekitar 3 bulan, biasanya saat ini gajinya dibawah standar mekanik lain.

Tapi, begitu diangkat menjadi mekanis resmi gaji yang diterima juga tidak begitu memuaskan (banyak dikeluhkan mekanik baru) butuh dedikasi sekitar 2 tahun untuk bisa mendapatkan gaji yang dibilang lumayan.

Untuk recruitment mekanik ini, juga sulit dideteksi. Karena bengkel biasanya lebih memilih orang terdekat dari salah satu karyawannya apabila kekurangan orang. Kecuali sekelas Astra atau Mercedes benz, biasanya ada recriutment khusus.

3. Operator alat berat



Operator alat berat adalah profesi yang sering ditemui pada industri pertambangan. Industri ini, berbeda dengan industri yang pertama. Untuk operator ini, biasanya tidak menggunakan sistem outshourching.

Kelebihan para operator alat berat adalah ada dibagian kehidupan si karyawan. Ketika kita sudah resmi menjadi karyawan perusahaan ini, maka segala fasilitas akan kita dapatkan.

Beberapa faailitas yang didapat antara lain ;

  • Gaji poko + Tunangan
  • Penginapan
  • Uang makan
  • Uang transport
Memang tidak diketahui secara pasti berapa penghasilan bulanan operator alat berat ini. Tapi usut punya usut pendapatnya bisa menyamai yang kita bahas di point satu.

Untuk kelemahannya juga ada dua ;

Persyaratan cukup berat. Salah satunya syarat fisik dan mental dari calon karyawan. Biasanya mereka memilih calon karyawan dengan tinggi minimal 165 Cm dengan otak yang cerdas. Sementara syarat lain yang tidak kalah berat adalah kesehatan calon karyawan yang dibuktikan melalui medical check-up secara langsung.

Sementara kelemahan kedua biasanya industri pertambangan ini terletak di daerah perhutanan (kalimantan atau sumatera) yang jauh dari pemukiman. Kita yang berasal dari pulau Jawa harus bersiap berpisah dalam waktu lama dengan mereka yang ada didekat kita temasuk orang tua dan sahabat.
4. Buka bengkel


Lulusan TKR juga bisa mendirikan usaha bengkel didekat rumahnya. Bengkel saat ini juga menjadi prospek usaha yang menjanjikan, pasalnya sudah begitu banyak kendaraan baik motor atau mobil yang dimiliki masyarakat Indonesia dan jumlahnya terus bertambah,

Kendaraan ini, juga perlu perawatan dan perbaikan apabila ada masalah. Dan kebanyakan pemilik kendaraan tidak mengetahui seluk beluk tentang kendaraannya jadi mereka pilih untuk membawanya ke bengkel.

Hanya saja, ketika kita akan membuka bengkel modal yang diperlukan cukup besar. Bukan hanya modal materi, tapi juga modal ilmu. Pengetahuan yang dipelajari di sekolah itu hanya dasarnya, sementara penerapannya harus dilatih melalui praktek.

Sehingga bagi anda yang baru lulus tidak bisa langsung begitu saja membuka bengkel. Anda harus menambah wawasan dan pengalaman anda terkait kendaraan agar nantinya bisa mengatasi berbagai keluhan pemilik kendaraan.

Point ini lebih cocok untuk mereka yang sebelumnya masuk ke dunia mekanik dengan pengalaman minimal 2 tahun.

5. Modifikator



Sama halnya dengan usaha bengkel, profesi ini juga memerlukan keahlian khusus bahkan melebihi mekanik bengkel. Mengapa ? karena seorang modifikator harus melakukan costuminasi terhadap settingan standar suatu kendaraan tanpa mempengaruhi kinerja sistem lain di kendaraan.

Artinya, pengetahuan kendaraan yang dimiliki harus luas serta pengalaman pralteknya juga bisa dikatakan master. Keuntungan dari seorang modifikator ini, adalah jasanya bisa dihargai sangat mahal untuk mengerjakan sebuah job. Maklum, jarang ada orang yang bisa melakukan hal ini.

Tapi, ini mungkin dilakukan oleh anda. Dengan ketekunan serta terus belajar maka anda bisa mencapai level master yang nantinya anda akan menguasai semua seluk beluk kendaraan.