Kegiatan Belajar




Belajar merupakan kegiatan yang kompleks dan menyangkut banyak hal, sehingga hampir semua ahli psikologi mempunyai tafsirannya sendiri-sendiri tentang apa yang dimaksud dengan belajar, tafsiran itu sering berbeda satu sama lain, berdasarkan tekanan yang mereka berikan di dalam proses dan kegiatan belajar itu


Perubahan prilaku dalam proses belajar merupakan akibat dari interaksi dengan lingkungan yang berlangsung secara sengaja. Jadi seseorang dikatakan belajar apabila adanya perubahan, yang semula tidak mengetahui menjadi mengetahui. Oleh karena itu berhasil tidaknya guru mengajar, sangat tergantung pada pengertian guru mengenai apa, mengapa, dan bagaimana kegiatan belajar itu berlangsung, guru mengetahui bagaimana cara mengajar yang baik dan bagaimana menciptakan kondisi belajar mengajar yang kondusif.


Guru dituntut mampu mengelola proses belajar mengajar yang memberikan rangsangan kepada siswa sehingga ia mau belajar, karena siswalah subjek utama dalam belajar. Dalam menciptakan kondisi belajar mengajar yang efektif sedikitnya ada lima jenis variabel yang menentukan keberhasilan belajar siswa sebagai berikut:
a. Melibatkan siswa secara aktif
b. Menarik minat dan perhatian siswa
c. Membangkitkan motivasi siswa
d. Prinsip Individualitas
e. Peragaan dalam pengajaran